src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> 4 Kriteria Calon Suami yang Baik Untuk Muslimah Dalam Islam - Aleniasenja.com

4 Kriteria Calon Suami yang Baik Untuk Muslimah Dalam Islam

Setiap manusia tentunya diciptakan berpasang-pasangan diatas dunia ini dan semua orang sudah ada jodohnya masing-masing, namun kapan dipertemukan dengan jodohnya masing-masing tentunya hanya Allah SWT yang maha mengetahuinya. 
4 Kriteria Calon Suami yang Baik Untuk Muslimah Dalam Islam
Gambar : @dwiworo

Berbicara mengenai jodoh, tentunya jodoh memang sudah menjadi ketentunya dari Allah SWT, namun harus ada usaha, ikhtiar dan doa juga agar dipercepat dipertemukan dengan jodohnya untuk segera membina rumah tangga dalam jalinan pernikahan yang sah pastinya. 

Menikah merupakan perjuangan dan perjalanan kehidupan yang baru dalam satu rumah. Setiap kita khususnya bagi umat muslim, baik itu kaum adam dan hawa tentunya memiliki Impian mempunyai pasangan dengan berbagai macam kriteria, baik itu bagi pria maupun wanita. 

Bagi pria, tentunya memiliki impian memiliki seorang istri yang saleha, pintar dalam urusan rumah tangga, berpendidikan, dan kriteria lainnya sesuai dengan impian pria tersebut. Bagaimana dengan wwanita?, Tentunya juga punya impian memiliki suami idaman yang saleh merupakan dambaan setiap Muslimah. 

Wajar jika seorang Muslimah menentukan calon suami impiannya, namun harus dalam batas wajar dan logis. Tapi carilah orang yang baik agama dan akhlaknya. 

Nabi Muhammad SAW: 

وقد قال صلى الله عليه وسلم: ” إذا جاءكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إلا تفعلوه تكن فتنة في الأرض وفساد كبير” رواه الترمذي وغيره. 


Artinya: "Apabila datang kepada kalian seorang pemuda yang kalian sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putri kalian. Kalau tidak, akan terjadi fitnah (bencana) dan kerusakan yang besar di muka bumi." (HR At-Tirmidzi) 

Berikut 3 kriteria calon suami idaman berdasarkan ajaran Islam, Apa saja itu, Simak ulasannya dibawah ini : 

1. Agamanya 

Dalam pernikahan tentunya harus seiman dan seagama, jika berbeda keyakinan tentunya dalam islam tidak dibolehkan alias haram hukumnya. Untuk itulah, bagi Muslimah yang ingin menikah, maka kriteria yang harus diperhatikan adalah agamanya, Apakah dia seorang muslim yang baik yang pastinya beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. 

2. Karakter dan Akhlak yang baik 

Tolok ukur karakter seorang pria yaitu bagaimana memperlakukan keluarganya sendiri, atau bahkan memperlakukan seseorang secara adil dan dengan rasa hormat. 

Lalu bagaimana saling berinteraksi dengan banyak orang, harus selalu baik dan memberikan empatinya. Kemudian selalu berlaku jujur. 

3. Bertanggung jawab 

Seorang calon suami wajib memiliki sifat bertanggung jawab. Ia berkomitmen memberikan nafkah lahir dan batin kepada keluarganya. 

Istri serta anaknya kelak tidak akan dibiarkan telantar atau dalam keadaan kesusahan. Inilah calon suami yang baik menurut ajaran Islam. 

4. Daya tarik 

Seorang ahli hukum Islam yang terkenal, Ibn Abidin, mengatakan, "Seseorang seharusnya tidak menikahi anak wanitanya dengan lelaki tua atau jelek, tetapi dia harus menikahinya dengan yang serupa." 

Wanita yang menikah dengan suami idamannya akan merasakan perjalanan rumah tangga yang baik. Beban hidup akan bisa diminimasilasi. 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang Muslimah dalam memilih pasangan hidupnya (suami) agar rumah tangganya nanti berkah, aman, nyaman, diridhoi oleh Allah SWT dan selamat dunia dan akhirat. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "4 Kriteria Calon Suami yang Baik Untuk Muslimah Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel