src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> 4 Keistimewaan Rasulullah SAW Yang Tidak Dimiliki Manusia Manapun - Aleniasenja.com

4 Keistimewaan Rasulullah SAW Yang Tidak Dimiliki Manusia Manapun

Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang patut diagungkan karena memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh manusia lain dimuka bumi ini. Allah SWT mengaruniai Rasulullah SAW dengan akhlak terpuji dan sifat-sifat mulia. 
4 Keistimewaan Rasulullah SAW Yang Tidak Dimiliki Manusia Manapun

Keistimewaan ini menjadi tanda bahwa Nabi Muhammad SAW adalah orang terpilih. Maka itu, ulama sering menyebut Rasulullah dengan sebutan "Basyarun Laa Kal-Basyar" atau manusia yang bukan seperti manusia. Allah SWT memberikannya mukjizat dan tanda kebesaran-Nya sebagai bukti kenabian Muhammad SAW. 

Sejak lahir, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam tanpa aib dan sudah dikhitan sampai bisa berkomukasi dengan malaikat. Manusia tidak dituntut untuk bisa seperti beliau, tetapi diperintahkan meneladani akhlak dan mengikuti ajaran dan sunnah-sunnahnya. Inilah bentuk keadilan Allah Subhanahu wa ta'ala. 

Mengutip dari buku 'Manusia yang Tidak seperti Manusia', Ustadz Ahmad Zarkasih Lc, pengajar Rumah Fiqih Indonesia, mengemukakan 7 keistimewaan Nabi Muhammad SAW. 

1. Keringat Nabi Muhammad Jadi Minyak Wangi 

Dalam hadis yang diceritakan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu anhu dan ini disampaikan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahih-nya, beliau bercerita tentang ibunya yang menjadikan keringat Nabi Muhammad SAW sebagai minyak wangi. 

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, beliau mengatakan: "Nabi Muhammad SAW masuk ke rumah kami dan beliau qailulah (tidur siang) di tempat kami. Ketika tidur itu, Nabi berkeringat, kemudian ibuku datang membawa botol, dan keringat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam ditampung ke dalam botol itu. Kemudian ketika Nabi SAW bangun dari tidurnya, beliau bertanya kepada ibuku: 'Wahai Ummu Sulaim, apa yang sedang engkau perbuat?'. Ummu Sulaim mengatakan: 'Ini keringatmu, wahai Rasulullah, aku jadikan minyak wangi. Dan ini adalah minyak wangi yang paling wangi'." (HR Muslim) 

2. Ludah Nabi Muhammad Sebagai Obat 

Diungkapkan oleh banyak perawi hadis, Sahabat Thalq bin 'Ali mengaku pernah digigit kalajengking di kakinya. Lalu Nabi Muhammad SAW meludahi kakinya pada bagian yang digigit itu dan mengusapnya. Seketika hilang sakit dan berhenti darahnya keluar. 

Thalq bin Ali mengatakan: "Aku digigit oleh kalajengking ketika aku di dekat Nabi SAW, lalu Beliau meludahi kaki dan mengusapnya." (HR Ahmad dan Ibn Hibban) 

3. Tidak Memiliki Bayangan 

As-Sayyid Muhammad bin 'Alawi bin 'Abbas al-Maliki, ulama kenamaan Makkah Al Mukarramah, dalam kitabnya 'Mafahim Yajib an Tushahah' menyebutkan beberapa kekhususan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Di antaranya adalah bahwa Rasulullah SAW tidak memiliki bayangan. Sebab memang beliau adalah cahaya, dan cahaya tidak pernah memilki bayangan. 

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam tidak memiliki bayangan, dan tidak juga ketika ada sinar matahari. Tidak adanya bayangan Nabi Muhammad SAW disebabkan beliau adalah cahaya, bukan karangan semata. Ini didukung oleh doa Nabi Muhammad SAW yang meminta kepada Allah SWT untuk dijadikan sebagai cahaya. 

Ini disebutkan oleh Imam Muslim dalam Kitab hadis yang menjelaskan tentang bacaan Nabi Muhammad SAW dalam doa di sujudnya: "Ya Allah jadikanlah di dalam hatiku cahaya, di pendengaranku cahaya, dalam penglihatanku cahaya, di sebelah kananku cahaya, sebelah kiriku juga cahaya di depanku cahaya, dan di belakangku cahaya, serta di atasku cahaya, juga di bawahku cahaya dan jadikanlah untukku cahaya", atau (riwayat lain) "jadikanlah aku cahaya." (HR Muslim) 

4.Tidurnya Hanya Tidur Mata 

Suatu waktu Nabi Muhammad SAW pernah ditanya oleh istrinya Aisyah Radhiyallahu anha tentang tidurnya selepas Sholat Witir. 'Aisyah bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur setelah Sholat Witir?" Beliau menjawab: "Betul, Aisyah. Sesungguhnya mataku tertidur akan tetapi hatiku tidak pernah tidur." (HR Malik) 

Ini sejalan dengan apa yang disebutkan oleh beliau sendiri bahwa para Nabi Allah SWT tidaklah tidur kecuali hanya mata mereka yang terpejam. Sedangkan hati mereka tidak pernah tidur dari berzikir kepada Allah Ta'ala. 

"Dan begitu juga para Nabi Allah tidur hanya matanya saja sedangkan hatinya tidak pernah tidur." (HR Al-Bukhari) 

Itulah keistimewaan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW yang tidak dimiliki oleh manusia manapun yang pernah ada dimuka bumi ini. Semoga beramfaat untuk kita semuanya khususnya untuk kaum muslimin dan muslimat, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "4 Keistimewaan Rasulullah SAW Yang Tidak Dimiliki Manusia Manapun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel