src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> Tips Memilih Laptop Gaming Murah Berkualitas Terbaik - Aleniasenja.com

Tips Memilih Laptop Gaming Murah Berkualitas Terbaik

Tips Memilih Laptop Gaming Murah Berkualitas Terbaik – Perkembangan dunia teknologi dewasa ini semakin maju, khususnya teknologi perangkat lunak digital seperti laptop gaming misalnya, dimana banyak produsen memproduksi laptop gaming dengan berbagai tipe dan juga seri untuk para pecinta gaming pastinya. Namun, menentukan laptop gaming murah yang terbaik dapat tergantung dari jenis game yang ingin Anda mainkan nantinya serta fungsi lainnya untuk bermain game agar maksimal dan anti lelet. 


Nah, Berbicara mengenai laptop gaming, tentunya anda akan bertanya, apa yang harus diperhatikan sebelum anda membeli laptop tersebut selain harga yang terjangkau. Untuk mengetahui hal-hal tersebut, mari kita simak saja beberapa tips dibawah ini dalam memilih laptop gaming murah tapi berkualitas terbaik untuk anda miliki. 

Perhatikan Spesifikasi Graphic Board 


Saat anda ingin membeli laptop gaming, hal yang harus anda perhatikan adalah Graphic Board-nya. Graphic board memegang peranan penting untuk mengatur dan menciptakan tampilan-tampilan yang baik sehingga sangat diperlukan untuk dapat bermain game dengan baik dan aman pastinya. Hal ini disebabkan karena jika Anda tidak memiliki graphic board yang memadai, hasil tampilannya tidak akan maksimal. Sedangkan, kebanyakan game yang baru-baru ini dirilis sudah memiliki grafis yang halus. 

Ada 2 produsen graphic board komputer yaitu NVIDIA dan AMD, tetapi diantara keduanya, NVIDIA lebih jarang mengalami malfungsi. Ditambah lagi, mayoritas produsen game merekomendasikan NVIDIA untuk digunakan saat memainkan game tersebut. Seri NVIDIA terbaru untuk laptop adalah GeForce GTX 10, tetapi sebenarnya Anda sudah bisa memainkan game dengan kualitas resolusi terbaik hanya dengan menggunakan minimal seri NVIDIA GeForce GTX 850. 

Perhatikan Ukuran Layar Atau Resolusi Layar 


Perlu anda ketahui, Jika ukuran layar atau resolusi layar menjadi poin yang sangat penting dalam memilih laptop gaming. Jika ukuran layar laptop lebih kecil daripada PC, biasanya pada kebanyakan laptop, resolusi layarnya pun lebih kecil dari resolusi layar PC. Namun, seiring perkembangan zaman dimana laptop sudah bisa digunakan untuk memainkan game yang memiliki resolusi tinggi, sudah banyak produk laptop gaming dengan spesifikasi yang mampu menyesuaikan dengan berbagai game. 


Pilihlah Laptop Gaming Dengan Banyak Porta 


Anda harus mencari laptop gaming yang memiliki banyak porta agar Anda bisa meningkatkan kemampuannya. Bila portanya hanya sedikit, Anda harus menambah sambungan porta yang akhirnya membuat meja berantakan karena banyak kabel. Jadi untuk mencegah hal itu terjadi, carilah laptop gaming yang sudah memiliki banyak porta sedari awal, termasuk porta HDMI. 

Perhatikan Prosesor 


Prosesor adalah otak dari sebuah laptop. Semakin tinggi sebuah prosesor, tentu performa dari laptop gaming tersebut akan semain baik. Laptop gaming saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan prosesor tinggi, baik itu Intel maupun AMD. 

Jika anda adalah salah satu pemain game berat dengan durasi panjang, lebih baik anda memilih sebuah laptop yang menggunakan prosesor Intel. Karena prosesor ini terbukti lebih hemat daya dan tidak cepat panas. 

Pada laptop gaming dengan prosesor Intel, pastikan anda memilih laptop dengan prosesor berlabel MQ ataupun HQ. Jangan paksa prosesor lable U untuk digunakan bermain game, karena prosesor berlabel U biasanya digunakan untuk hal-hal ringan saja. 

Minimal prosesor Intel yang dibutuhkan dari laptop gaming adalah Intel Core i5, yang disarankan Intel Core i7. Sedangkan untuk prosesor AMD yang disarankan adalah A10 dan FX Series. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan prosesor (GHz). Semakin tinggi angka GHz, maka akan semakin baik. 

Perhatikan Ukuran RAM 


RAM (Random Access Memory) juga menjadi salah satu bagian penting dalam memilih laptop gaming. Pastikan anda membeli laptop gaming yang memiliki RAM di atas 4GB. Selain itu pastikan juga laptop gaming tersebut menyediakan sebuah slot RAM tambahan, hal ini bertujuan agar anda mudah untuk melakukan upgrade RAM saat dirasa kurang. 

Jenis RAM yang digunakan DDR3, akan lebih baik jika menggunakan RAM DDR4. Game-game berat saat ini seperti GTAV, MAD MAX, Watch Dog, dll, membutuhkan paling tidak RAM 8GB agar bisa berjalan dengan baik. 

Perhatikan Media Penyimpanan 


Ada dua media penyimpanan pada sebuah laptop, yaitu SSD dan HDD. Pada laptop gaming, lebih baik anda pilih yang memiliki HDD minimal 1TB (1000 GB). Pasalnya game saat ini akan memakan banyak storage saat di-install. Beberapa laptop gaming terbaru saat ini menyediakan slot untuk menambah HDD agar penyimpanannya bisa ditambah, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilih laptop gaming. 

Perlu diketahui, jika anda membeli sebuah laptop gaming yang memiliki SSD, jangan pernah install game ke SSD. SSD biasanya memiliki kapasitas terbatas, gunakan SSD hanya untuk menyimpan operasi sistem. Beberbeda urusannya jika kapasitas SSD anda besar (500GB++), anda boleh menaruh game di dalamnya. 

Perhatikan Ketahanan Baterai 


Daya tahan baterai pada laptop gaming sering menjadi masalah bagi banyak pengguna. Karena laptop gaming berkualitas menggunakan spesifikasi tinggi dan kinerja yang cukup berat. Kebanyakan baterainya tidak bisa bertahan lebih dari 2 jam saat sedang bermain game. 

Meski anda memilih laptop gaming dengan baterai besar, tetap saja anda akan merasa boros saat menggunakannya sambil bermain game. Baterai laptop saat ini juga dibedakan menjadi dua, removable (bisa dilepas) dan non-removable (tidak bisa dilepas). 

Lebih baik anda membeli laptop dengan baterai yang mudah dilepas, agar mudah menggantinya saat baterai sudah rusak. Mencabut baterai laptop saat sedang dimainkan bukanlah hal yang cukup baik untuk dilakukan. Hal ini akan merusak motherboard laptop anda jika terjadi mati listrik secara tiba-tiba. 

Perhatikan Keyboard 


Keyboard akan menjadi bagian yang sering digunakan saat bermain game di laptop gaming, kecuali jika anda menggunakan keyboard eksternal. Keyboard laptop gaming saat ini sudah dilengkapi backlight, hal ini mempermudah para gamers menekan keyboard saat keadaan gelap. Pastikan anda juga memilih laptop gaming yang memiliki Numpad untuk memudahkan pengetikan angka-angka secara cepat. 

Perhatikan Audio 


Meski mendengarkan suara lewat headphone gaming lebih baik daripada langsung di speaker. Tentunya anda juga harus memperhatikan kualitas suara pada laptop gaming yang ingin anda beli. Pada seri laptop gaming Asus ROG, biasanya sudah disematkan software Republic of Gamers Audio Wizard yang bisa digunakan untuk mengubah kualitas suara sesuai kebutuhan anda. 

Perhatikan Operasi Sistem 


Laptop gaming saat ini biasanya sudah disematkan sebuah operasi sistem Windows di dalamnya, baik itu Windows 8 ataupun Windows 10 64Bit. Jika anda tidak memiliki banyak budget, anda bisa membeli sebuah laptop gaming yang tidak memiliki operasi sistem. Perbedaan harga antara laptop gaming dengan Windows dan tanpa Windows sekitar 1 jutaan. 

Perhatikan Tempat Services 


Tempat servis juga hal yang harus anda perhatikan selanjutnya dalam memilih sebuah laptop gaming. Anda tidak bisa mengetahui apa masalah yang akan terjadi pada laptop gaming yang sudah anda beli nantinya. Apalagi anda bermain gaming seharian dan terlalu sering, tentunya laptop anda butuh penyegaran dan juga service. 

Perhatikan Harga 


Terakhir yang perlu anda perhatikan adalah soal harga. Untuk mendapatkan laptop gaming berkualitas, tentu harga yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Laptop gaming terbaik bisa anda beli dengan harga mulai dari 10 jutaan. Namun anda bias memiliki laptop gaming berkualitas dengan harga murah jika anda jeli dalam mencari dan menawarkannya. 

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat ingin membeli laptop gaming murah, Jangan tergiurkan dengan desain, harga yang murah dan juga bentuk yang bagus, namun yang perlu diperhatikan adalah kemampuan dalam menampung dan menjalankan gaming yang akan anda mainkan nantinya. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Laptop Gaming Murah Berkualitas Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel