src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> 6 Alasan Seseorang Tidak Perlu Membeli Asuransi - Aleniasenja.com

6 Alasan Seseorang Tidak Perlu Membeli Asuransi

6 Alasan Seseorang Tidak Perlu Membeli Asuransi - Dalam hidup yang kira jalani saat ini dan nantinya memang sudah ada yang mengaturnya, namun menjaga dan melindungi itu tugas kita secara pribadi dan juga keluarga. Seperti itu pula terciptanya asuransi ini yang memiliki tujuan untuk anda agar dapat melindungi Anda dari resiko hidup yang akan terjadi dan kerugian keuangan yang terlalu besar. 
6 Alasan Seseorang Tidak Perlu Membeli Asuransi

Namun dengan tujuan yang jelas dari asuransi tersebut, ternyata masih banyak orang yang memiliki alasan kuat untuk tidak membeli asuransi dengan beberapa alasan seperti dibawah ini yang dikutip dari Cermati.com, yaitu : 

1. Takut Tertipu 

Banyak orang beranggapan bahwa asuransi merupakan perusahaan yang bertujuan untuk memanipulasi dan menipu uang kita. Asumsi ini kerap timbul dari rasa kekecewaan pelanggan dan trauma terhadap sebuah perusahaan asuransi tertentu. Akibatnya, timbullah generalisasi bahwa semua perusahaan asuransi sama saja. 

Faktanya, semua perusahaan asuransi sama sekali tidak bermaksud dan bertujuan untuk menipu nasabah mereka. Akan tetapi, ada saatnya di mana beberapa agen representatif yang bermain-main dan menyalahi pakem yang sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi. 

Misalnya, saat seseorang hendak membuka sebuah polis asuransi, kadang agen representatif tidak memberikan penjelasan yang rinci dan menyeluruh mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku dalam proses pembukaan polis asuransi dan menyebabkan miskomunikasi antara nasabah dan agen asuransi. 

2. Miskomunikasi 

Miskomunikasi inilah yang akhirnya memicu stereotype negative mengenai perusahaan asuransi. Menurut Deny Kosasih, seorang Regional Agency Manager di sebuah perusahaan asuransi, kasus penyelewengan yang dilakukan oleh beberapa agen representatif yang nakal ini bisa dicegah dengan melakukan seleksi ketat bagi mereka yang ingin menjadi agen representatif sebuah perusahaan asuransi. 

3. Selalu sehat Jadi Tidak Perlu Asuransi 

Tidak sedikit orang yang mempunyai anggapan bahwa memiliki asuransi adalah kebutuhan orang yang sakit. Padahal jika telah mengidap suatu penyakit tertentu, anda harus membayar premi yang lebih mahal dibandingkan saat masih sehat. Bahkan ada beberapa perusahaan asuransi yang enggan menanggung penyakit yang telah diderita oleh pelanggannya jika penyakit tersebut telah ada sebelum ia bergabung dengan asuransi. Terlebih lagi, Anda tidak akan mengetahui kapan penyakit atau kecelakaan akan menyerang Anda. Oleh karena itu, sebaiknya lindungi diri sebelum musibah terjadi. 

4. Masih muda sehingga belum memerlukan asuransi 

Semakin muda Anda bergabung dengan asuransi, semakin murah premi yang harus dibayar. Selain itu, jika program asuransi ada yang menawarkan fasilitas investasi sekaligus proteksi diri, semakin muda akan bergabung, semakin banyak akumulasi dana yang akan terkumpul nantinya. 

Usia tidak menentukan kondisi tubuh yang prima, banyak orang yang sudah berusia lanjut masih sehat dan ada juga orang yang masih muda tetapi mengidap penyakit kronis. Karena usia bukanlah jaminan seseorang untuk sehat, sebaiknya Anda memiliki asuransi untuk proteksi diri. 

5. Investasi pribadi lebih baik dibandingkan asuransi 

“Insurance is the mother of all investments” adalah suatu ungkapan yang menunjukkan bahwa mitos bahwa investasi pribadi lebih baik adalah anggapan yang salah. Investasi bertujuan untuk menambah kekayaan atau aset yang Anda miliki. 

6. Asuransi Itu Masih diragukan halal haramnya 

Karena mayoritas penduduk di Indonesia ini adalah islam, jadi tak heran jika segala sesuatunya harus jelas halal haramnya, termasuk asuransi ini. Walaupun sudah ada fatwa MUI tentang asuransi ini namun tetap saja masih ada yang meragukan asuransi ini, halal atau haram apalagj orang awam. 

Itulah beberapa alasan kenapa masih banyak orang tidak membutuhkan asuransi atau enggan berasuransi.Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anda semuanya dalam memahami asuransi, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel