src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> Mengapa Tombol Keyboard Tak Berurutan Sesuai Abjad?, Ternyata Ini Sejarahnya - Aleniasenja.com

Mengapa Tombol Keyboard Tak Berurutan Sesuai Abjad?, Ternyata Ini Sejarahnya

Mengapa Tombol Keyboard Tak Berurutan Sesuai Abjad?, TernyataIni Sejarahnya - Jika pada zaman dulu kebanyakan orang yang bekerja di kantor, bank, dan oragnisasi lainnya membuat surat-menyurat dan dokumen lainnya menggunakan mesin tik, namun seiring kemajuan zaman, mesin tik tak lagi digunakan karena sudah tergantikan oleh yang lebih modern namanya Komputer dan laptop. 
Mengapa Tombol Keyboard Tak Berurutan Sesuai Abjad?, Ternyata Ini Sejarahnya

Jika berbicara mengenai benda tersebut, tentunya tidak bisa dipsahkan dengan perangkat yang memopang kinerjanya yaitu Keyboard yang mencantumkan huruf demi huruf untuk menulis. Setiap hari bagi anda yang bekerja dikantor, bank, dan organisasi lainnya tentunya tak asing lagi dengan keyboard ini, Namun tahukah anda, kenapa letak huruf demi huruf yang ada tidak teratur?, Berikut jawabannya : 

Tata letak tombol keyboard QWERTY yang hingga sekarang kita gunakan, pertama kali dibuat dan dirancang pada tahun 1860, oleh pencipta mesin tik modern pertama, Christopher Sholes. Ia merupakan editor surat kabar yang tinggal di Milwaukee. 

Awalnya, tata letak karakter pada mesin tik yang ia ciptakan disusun berdasarkan abjad. Dengan kinerja mesin tik waktu itu, yaitu karakter huruf diletakkan di ujung batang logam yang akan mengenai kertas ketika tutsnya ditekan. 

Namun, saat seorang operator mencoba mengetik dokumen pada mesin tik tersebut secara cepat, batang-batang yang diletakkan pada huruf-huruf itu saling berdekatan di papan ketik dan bertumpu satu sama lain. Akhirnya sang operator terpaksa mengetik secara manual. 

Salah satu rekan bisnis Sholes, yakni James Dendmore menyarankannya untuk memisahkan tuts-tuts yang sering digunakan secara bersama sama. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses mengetik dan mencegah satu batang logam dan lainnya saling menempel dan bertemu. 

Sebenarnya ada beragam pendapat tentang penataan ulang huruf di keyboard. Seperti penataan urutan huruf QWERTY pada keyboard didasarkan pada penggunaan huruf dalam bahasa Inggris. 

Namun, beberapa sumber juga menjelaskan bahwa pengaturan tata letak huruf pada keyboard ini untuk memperlambat kecepatan pengetikan untuk menghindari kerusakan pada antara tuts satu dan lainnya. Penataan tata huruf pada keyboard akhirnya dikelola sedemikian rupa sehingga kita dapat menggunakannya hingga sekarang. 

Nah itulah sejarah singkat tentang tata letak huruf di keyboard computer, laptop, tablet dan smartphone yang kita gunakan setiap hari. Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda semuanya, terima kasih.

1 Komentar untuk "Mengapa Tombol Keyboard Tak Berurutan Sesuai Abjad?, Ternyata Ini Sejarahnya"

  1. Iya... qwerty itu sebenarnya untuk bahasa Inggris. Ada beberapa penataan lain, kok. Dan itu ketahuan kalau kita install keyboard untuk bahasa lain di hape.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel