src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/> Sering Ngiler Saat Tidur?, Ternyata Inilah Penyebabnya - Aleniasenja.com

Sering Ngiler Saat Tidur?, Ternyata Inilah Penyebabnya

Anda Sering Ngiler Saat Tidur?, Inilah Penyebabnya – Mungkin anda, keluarga atau pun orang lain tentunya pernah mengalami keluar liur atau bahasa umum disebut ngiler saat tidur. Jangan Panik, Itu hal yang biasa dan wajar, tapi tak urung menimbulkan rasa malu bila terlihat oleh orang lainnya. Meski tampak biasa saja, bila ngiler terjadi rutin dan dengan jumlah liur berlebih, itu bisa jadi tanda adanya penyakit atau organ tubuh yang tak berfungsi dengan baik. 
Sering Ngiler Saat Tidur, Ternyata Inilah Penyebabnya

Mengutip halaman dari situs Brightside, ngiler disebabkan oleh otot-otot wajah serta refleks penelan pada tubuh menjadi rileks. Saat liur berakumulasi di mulut ketika tidur, liur secara perlahan mulai merembes keluar karena otot wajah berada dalam kondisi santai. Itulah penyebab seseorang ngiler. 

Liur yang keluar berlebihan atau hypersalivation bisa jadi tanda adanya penyakit terkait saraf atau neurological disease atau akibat lubang hidung tersumbat. Individu yang telah memiliki masalah kesehatan seperti stroke juga cenderung mudah ngiler. Lantas, adakah cara mencegah seseorang ngiler saat tidur? Tentu saja ada, simak beberapa caranya dibawah ini :
  • Gangguan Pernafasan 
Salah satu alasan utama ngiler adalah hidung yang tersumbat sehingga orang bernapas lewat mulut. Hal itu bisa membuat seseorang ngiler. Membersihkan atau meredakan hidung tersumbat bisa jadi cara yang baik agar terhindar dari ngiler. 

Berikut cara melegakan pernapasan: Mandi air panas akan melegakan hidung serta membuat kembali normal di malam hari- minyak esensial terutama yang mengandung eucalyptus--akan membantu kita bernapas lebih baik serta tidur lebih nyenyak- gunakan produk yang bisa meredakan sinus 
  • Posisi Tidur 
Tidur tengkurap atau miring akan membuat liur mudah keluar dari mulut. Sebaliknya, tidur dengan posisi telentang membuat liur tetap bertahan di mulut. 
  • Gangguan Tidur 
Ngiler dan ngorok adalah indikator utama seseorang mengalami gangguan tidur atau sleep apnea. Segera temui dokter bila Anda merasakan tanda-tanda tersebut. Mengatasi sleep apnea bisa mencegah kemungkinan Anda sering ngiler. 
  • Berat Badan 
Kelebihan berat badan juga penting dicermati terkait kebiasaan ngiler saat tidur. Lebih dari setengah penduduk di AS yang mengalami sleep apnea memiliki berat badan berlebih. 
  • Kembung 
Kebanyakan minum air pada saat ingin tidur, bias menjadi penyebab anda ngiler saat ini, hal itu terjadi karena lambung anda penuh terisi air sehingga saat anda memiringkan badan, maka kemungkinan besar air tersebut akan mengalir ke tenggorokan dan menyebbakan anda akan ngiler. 

Nah, Itulah beberapa penyebab yang membuat anda ngiler saat tidur. Biasa ngiler akan terjadi saat anda tidur malam hari, pada saat anda istirahat. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terima kasih.

1 Komentar untuk "Sering Ngiler Saat Tidur?, Ternyata Inilah Penyebabnya"

  1. Biasanya kalo siangnya banyak aktivitas, malemnya capek, jadi pas tidur pasti ngiler 🤤😅

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel